-->

Minggu, 02 April 2017

Seperti Inilah Yang Akan Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

Perputaran bumi berhenti total (Ilustrasi)

Klikarah - Seperti kita ketahui bersama, bahwa terjadinya siang dan malam adalah karena adanya perubahan waktu dan pembelokan arah angin yang merupakan contoh rotasi bumi yang dapat kita rasakan.

Namun, belakangan ini diketahui bahwa perputaran bumi pada porosnya sedang mengalami semacam keterlambatan dibandingkan dengan beberapa abad yang lalu.

Nah, pertanyaannya! Jika perputaran planet kita atau bumi ini semakin melambat dan akhirnya benar-benar berhenti berputar apa yang akan terjadi?

Sebelum kita membahas kesana, ternyata para peneliti sudah memprediksikan akan hal itu dan kemungkinan inilah yang akan terjadi jika bumi telah berhenti berputar menurut peneliti tersebut, yakni:

1. Hanya ada dua zona di bumi.
Saat rotasi bumi berhenti, maka planet kemungkinan akan memiliki dua bagian yang berbeda, yaitu zona panas dan zona dingin. Bagian yang merasakan zona panas adalah bagian yang langsung ke matahari, sedangkan sisi sebaliknya akan menjadi dingin karena tidak mendapatkan cahaya dan panas matahari. Bahkan terjadinya siang dan malam juga akan terpengaruh.

Sebagaimana menurut peneliti bahwa jika bumi sudah malas berputar, maka kita akan merasakan siang selama setengah tahun penuh. Setelah itu, baru kita akan menikmati malam dingin yang durasinya juga setengah tahun pula. Tanpa matahari dalam rentang waktu lama, yang tentunya​ akan menjadi bencana buat setiap makhluk.

2. Volume air di bumi akan mengalami perubahan.
Tahukah Anda, bahwa perputaran bumi selama ini telah membuat perairan kita mengalami tingkat ketinggian permukaan sampai delapan kilometer? Kita mungkin jarang tahu tentang hal ini, namun yang jelas keadaan seperti itu membuat perairan kita mampu melakukan kerjanya dengan kondusif dan baik. Lalu, sementara apa yang bakal terjadi bila rotasi bumi sepenuhnya berhenti?

Coba kita bayangkan, jika perairan bumi tanpa adanya putaran pastilah akan tenang-tenang saja. Air-air tersebut nantinya akan ditarik ke bagian kutub dari ekuator. Bila itu terjadi, ada beberapa daerah daratan di ekuator yang akan muncul kembali. Dan akhirnya bumi akan memiliki satu daratan yang sangat luas tanpa dibatasi oleh wilayah perairan.

3. Kita bisa travel sepuasnya melalui jalur darat.
Jika wilayah perairan di bumi ditarik oleh kutub, tentu saja benua-benua yang sekarang ada dapat menjadi satu bagian besar. Jika itu sampai terjadi, semua orang dapat dengan mudah menjelajahi satu tempat ke tempat lain hanya dengan menggunakan kendaraan darat. Namun tentu saja bila bisa bertahan melakukan perjalanan di cuaca yang sangat ekstrim seperti zona panas atau zona dingin.

Hal lainnya, kemungkinan bahwa daerah Kanada akan sepenuhnya terendam air bersama dengan Siberia, Asia, dan Eropa. Sementara daratan Spanyol akan tetap aman diatas permukaan. Kemudian, Afrika akan bersatu dengan Madagascar sementara Australia, Papua Nugini, dan Indonesia akan bergabung menjadi satu kesatuan.

4. Stasiun luar angkasa akan menjadi tempat terbaik.
Bila planet kita sudah benar-benar berhenti berputar, tentu saja tidak mudah bagi manusia untuk beradaptasi dengan cepat. Seperti yang tadi disebutkan bahwa rotasi bumi dapat juga mempengaruhi arah angin. Dan jika rotasi terhenti, pastinya angin akan berhembus sangat cepat tanpa bisa kita bayangkan sebelumnya.

Namun, apa yang terjadi jika angin sudah menghempaskan isi bumi?
Tentu manusia tidak lagi memiliki tempat untuk berlindung di sisi manapun. Sementara untuk astronot yang sudah terlebih dahulu terbang ke luar angkasa mungkin bisa dipastikan selamat walaupun mereka harus mencari tempat baru untuk tinggal.

Memang terdengar ekstrim jika planet kita ini benar-benar berhenti berputar, karena semua manusia harus kembali menyesuaikan diri dengan cuaca dan kondisi daratan yang baru, seperti halnya Nabi Adam waktu dahulu setelah di keluarkan dari Surga.

Namun terlepas dari semua itu, para peneliti meyakinkan bahwa hal ini mungkin tidak akan pernah terjadi meski faktanya bumi kita perputarannya sudah semakin melambat.

Bagaimana menurut Anda..?

This post have 0 komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan benar. Dan jika ini bermanfaat, jangan lupa untuk dibagikan.

TERIMA KASIH!!
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post